laman

Sabtu, 21 Juli 2012

hewan yang hidup di padang pasir


kali ini gema mau share tentang karakteristik hewan di padang pasir dan hewan yang ada di padang pasir , tentunya sahabat gema penasaran dong gimana karakteristiknya.. lansung aja gema kasih infonya

1. Bagaimana binatang padang pasir bertahan hidup?

Nih teman bisa bayangin ga kalo ente hidup di padang pasir yang tandus, ga ada ujan, ga ada buah, air aja susah dapetnya. Tp anehnya tuhan berkata lain ada makhluk hidup yang kuat hidup di padang pasir (bukan termasuk ane).
Yaitu onta (maaf kalo kesinggung), uler derik, tikus kangguru, dan masih banyak lagi. Anehnya ada hewan yang kuat di bawah terik matahari yang panasnya ngelebihin jakarta sm surabaya. Hewan hewan di sana diberi kekuatan (ky superman aja) contoh unta punya kelebihan bisa nyimpen air di pundaknya sampai 2 galon, tikus kangguru punya kaki yang panjang buat melalui padang pasir, rubah fennec punya telinga lebar biar ga kepanasan sampe item aja kuat. Dan kesimpulannya untuk hidup di padang pasir kudu punya telinga besar, 2 galon di punduk sm kaki yang panjang ky kangguru.


2. Apakah banyak hewan padang pasir yang bertelinga besar?
Sebenarnya banyak banget tp ane kasih 1 contohnya. Rubah fennec dari gurun sahara mempunyai telinga besar dan tegak. Telinga binatang ini mempunyai fungsi sama dengan telinga kelinci, Telinga mereka berfungsi untuk Meradiasikan panas guna menjaga tubuh mereka agar tetap dingin. Jd jangan salah kalo rubah fennec kuat seharian dipanggang di bawah terik matahari .
Rubah Fennec:



3. Kapan binatang padang pasir pergi berburu?

Siang hari merupakan waktu yang tidak cocok bagi sebagian besar binatang padang pasir untuk berburu karena terlalu panas. Rubah Fennec sih bisa siang-siang tp mangsanya lg pd tidur dan predator lain tidak kuat di bawah terik matahari. Yah pastinya sm kaya yang lain mereka beraktivitas ketika malam datang dan berburu di antara kegelapan malam.


4. Apakah tikus kangguru itu?
Emang bener ya ada tikus ky kangguru? Ada tikus kangguru mengapa dipanggil demikian karena mempunyai kaki belakang yang kuat dan lentur berbentuk seperti kaki kangguru. Ketika mereka melompat dengan kecepatan tinggi, maka hanya ada sedikit kontak antara cakar mereka dengan pasir yang panas. Kurang lebih memudahkan berjalan di gundukan pasir

Tikus kangguru:


5. Binatang kecil padang pasir apa yang mematikan

Selain panas dan susah mendapatkan air. Ada kendala lain di padang pasir yaitu kalajengking. Kalajengking adalah binatang kecil bercangkang keras yang masih berkerbata dengan laba-laba. Binatang ini dipersenjatai degan sengat yang melengkung di punggungnya. Biasanya suka nyumput di pasir lalu jika ada mangsa langsung tusuk dengan ekornya.
kalajengking:



6. Burung Padang pasir apa yang memiliki senjata berbahaya?

Waw selain dari dalam pasir ada juga predator dari udara. Burung elang lanner dari Gurun Sahara adalah burung pemangsa yang buas. binatang ini memiliki kaki yang kuat dengan ujung cakar setajam silet di sebut talon dan paruh pengait mematikan untuk mengoyak mangsanya. Jd jika ada burung ini nyalain aja obor pasti takut kalo ga ada obor berdoa aja biar masuk surga
Burung elang lanner:



7. Kucing apa yang mampu menangkap elang di udara?
Baru tau ada kucing bisa nangkep elang. Benar caracal bisa menangkap burung elang yang cepat dan kuat
Binatang ini dapat berlari kencang untuk menyusul elang yang terbang dan melompat tinggi di udara untuk menangkap burung-burung padang pasir. Kucing buas ini bahka bisamembunuh seekor burung besar seperti elang hanya dengan satu pukulan dari cakarnya yang dahsyat.

Caracal:


8. Mengapa jumlah besar berarti aman?
Nih contoh hewan yang pandai bersosialisasi. Oryx adalah sejenis kijang besar yang hidup secara berkelompok di padang pasir Afrika atau arab. Berkelompok dalam jumlah besar aman bagi Oryx karena pemburu, seperti caracal akan kesulitan mengincar satu mangsa dalam kelompok besar soalnya sekalinya menyerang bakal ditubruk serombongan kok ga di injek.
Oryx:


9. Berapa banyak punuk yang dimiliki oleh unta?
Ada 2 jenis unta yang berbeda. Unta yang berasal dari arab (dromerdary) hanya memiliki satu punuk. Jenis yang lainnya adalah unta bactrian yang berasal dari Gurun Gobi
Unta:

Nih contoh unta dari gurun gobi
Unta:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar