laman

Kamis, 08 Maret 2012

Skuter, Dari Eropa sampai Ke Negara Matahari Terbit


Siapa yang tidak kenal skuter matik sekarang? Dengan kemudahan dan kelincahannya, kendaraan ini menjadi kendaraan favorit banyak orang. Ternyata, sejarah panjang skuter dimulai di Eropa, Tepatnya Jerman, bukan Itali. Moyangnya skuter ini bahkan masuk ke Indonesia sebelum mobil. Skuter Vespa pernah menjadi aikon gaya hidup pada tahun 50-an sampai 60-an.Tahun 80-an Jepang mulai memproduksi yang dinamakan skuter untuk asia.


Hildebrand & Wolfmüller adalah nenek moyang skuter. Motor ini dianggap sebagai motor produksi pertama, dibuat oleh oleh dua teknisi mesin uap Heinrich and Wilhelm Hidebrand yang dimodali oleh Alois Wolfmüller. Lahirlah kendaraan ini di Munich tahun 1894.
Hildebrand & Wolfmüller bermesin empat langkah dengan 1.489 cc, berpendingin air. Kecepatan maksimalnya 45 km/jam. Hebatnya lagi, motor ini juga sudah ada di Indonesia saat itu. Pemiliknya adalah orang Inggris, John C. Potter, yang sehari-hari bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca Umbul) Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri ke pabrik Hildebrand & Wolfmüller di Jerman.
Pesanannya itu datang di tahun 1893, menjadikan Potter orang yang memiliki kendaraan bermotor pertama di Indonesia. Sebab mobil baru masuk setahun setelahnya, 1894.
Motor Potter ini disebut sebagai kereta setan, orang zaman dahulu belum pernah melihat kendaraan bermotor terheran-heran dengan kendaraan yang tidak ditarik hewan. Apalagi kecepatannya yang dianggap kencang saat itu. Kendaraan ini ditemukan lagi tahun 1932 di garasi Potter. Sempat dihidupkan dan informasi mengatakan motor ini ada diMuseum Negeri Mpu Tantular di Sidoarjo dengan nomer inventaris 10.81 kategori IPTEK.

Kejayaan Skuter dihidupkan oleh pabrik motor itali, Piaggio. Vespa, skuter yang ditemukan tahun 1947, awalnya adalah sebuah alternatif kendaraan berbiaya murah untuk orang kebanyakan setelah perang dunia kedua. Vespa yang berarti lebah ini kemudian menyebar ke Eropa, bahkan dianggap fenomena transportasi di abad 20.
Vespa bukan hanya sekedar alat transportasi, ia menjadi simbol gaya hidup zamam itu. The Times menulis "Sepenuhnya buatan Itali, yang belum kita lihat setelah Chariot Roma." Tahun 1953, klub Vespa mempunyai anggota 50.000 orang. Skuter berpantat penuh ini diproduksi di 13 negara dan dipasarkan ke 114 negara.
Vespa muncul di ratusan film. Orang-orang terkenal ini: Raquel Welch, Ursula Andress, Geraldine Chaplin, Joan Collins, Jayne Mansfield, Virna Lisi, Milla Jovovich, Marcello Mastroianni, Charlton Heston, John Wayne, Henry Fonda, Gary Cooper, Anthony Perkins, Jean-Paul Belmondo, Nanni Moretti, Sting, Antonio Banderas, Matt Damon, Gérard Depardieu, Jude Law, Eddie Murphy dan Owen Wilson pernah berfoto atau main film dengan Vespa.
Jepang tidak mau kalah, tahun 1980an, dirilislah skuter untuk asia. Ciri khas skuter negara matahari terbit ini adalah skuter yang lebih besar, sporti dan performa yang lebih baik. itu tren yang dilanjutkan oleh pabrikan Jepang sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar